Kamis, 11 September 2008

Cara Menghitung Keuntungan di Marketiva

Cara cepat untuk mengetahui keuntungan pada saat trading di Marktiva adalah dengan melihatnya langsung di tab positions pada streamster. Kolom point menunjukkan keuntungan dalam point atau pip, sementara kolom profit menunjukkan keuntungan dalam USD. Untuk penghitungan keuntungan secara manual anda bisa menggunakan kaedah penghitungan profit sebagai berikut:



Profit anda tergantung pada ukuran posisi dan perbedaan harga yang ditradingkan. Jika anda membeli instrumen pasar di 129.38 (10000 kuantiti) kemudian menjualnya nanti di 129.52, maka profit anda akan menjadi (129.52 - 129.38) * 10000 = 1400.


Dari keterangan di atas, faktor yang mempengaruhi besarnya keuntungan yang didapat adalah: 1) kuantity yang ditradingkan; 2) poin atau pip yang di dapatkan, kedua faktor ini berbanding lurus yakni semakin banyak kuantity yang kita tradingkan maka semakin banyaklah keuntungan yang kita dapatkan, begitu juga dengan semakin banyaknya poin yang kita dapatkan, maka semakin besar pula keuntungan yang kita dapatkan.


Pertanyaan yang sering muncul adalah, angka 1400 ini dalam satuan apa? Satuan dari angka 1400 adalah berdasarkan mata uang yang ditradingkan, yaitu berdasarkan pair yang berada di belakang.


Contoh:




  • Untuk pasangan mata uang GBP/USD, maka keuntungan adalah dalam USD.

  • Untuk pasangan mata uang USD/JPY, maka keuntungan adalah dalam JPY.

  • Untuk pasangan mata uang EUR/GBP, maka keuntungan adalah dalam GBP.


Hal penting yang perlu dicatat adalah bahwa streamster selalu mengkonversikan langsung nilai dari keuntungan tersebut ke USD. Jadi kalau anda melakukan penghitungan secara manual, maka anda perlu mengkonversikan nilai keuntungan asli yang didapatkan dari mata uang JPY atau GBP kepada USD.


Dari keterangan diatas dapat kita simpulkan, bahwa keuntungan terbesar setiap poin didapatkan pada mata uang yang berakhiran dengan GBP, karena nilai mata uang GBP saat ini hampir dua kali lipat USD.


Demikian, semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar