Selasa, 09 Desember 2008

Libur Natal, Akhir Tahun, dan Tahun Baru di Marketiva

Tahun baru sudah dekat, sebentar lagi pasar forex akan libur. Untuk di marketiva biasanya mulai libur pada tanggal 31 Desember untuk liburan akhir tahun, dan tanggal 1 Januari untuk libur awal tahun. Untuk natal atau tanggal 25 Desember, biasanya tidak libur. Tahun kemarin tanggal 25 Desember libur hanya setengah hari, hal ini dikarenakan pasar sangat sepi sebagai akibat dari banyaknya institusi keuangan yang tutup termasuk bank.

Tanggal 2 Januari jatuh pada hari Jumat, jadi masih diragukan pasar buka atau tidak karena harinya kecepit libur panjang. Semoga libur saja, jadi bisa bener benar panjang liburnya. Maka kalau beneran libur, berarti pasar buka pada hari Senin yaitu tanggal 5 Januari 2009. Jadi libur panjang akhir tahun dan tahun baru adalah dari tanggal 31 Desember 2008, dan 1-4 Januari 2009, Asyik, ada libur 5 hari!

Enaknya yang bisa libur panjang...

Tips untuk anda yang trading di akhir tahun, ada baiknya posisi ditutup saja, khususnya yang trading di marketiva. Hal ini bukan tanpa alasan, karena selama 5 hari pasar tidak buka, yang artinya anda tidak bisa menutup posisi. Padahal exit target atau stop loss anda akan dijalankan pada saat baru buka, harga pembukaan pertama akan sangat berpengaruh pada posisi anda tersebut. Kalau stop loss nya jauh terlampaui harga di pasaran, desk anda bisa minus nanti. Ingat aturan stop loss dan exit target baru dari marketiva:
Harga pasar selalu bergerak dalam pertambahan poin. Acapkali 1 poin, akan tetapi sangat sering harga bisa bergerak 2, 3, 5 poin atau lebih. Pada saat pasar sangat aktif (misalnya pembukaan mingguan, pengumuman berita, peristiwa peristiwa penting) harga instrumen dapat bergerak 50 poin atau lebih hanya dalam satu lompatan, yang bisa sangat mempengaruhi pelaksanaan daripada order anda. Sebagai contoh, apabila suatu harga melompat dari 200.10 ke 200.50 (hanya dalam satu pergerakan 40 poin) dan stop-loss posisi short anda adalah pada 200.20, posisi anda akan ditutup pada harga pasar saat itu yaitu 200.50, yang mana 30 poin lebih buruk dari nilai stop-loss anda. Di sisi lain, apabila exit target posisi long anda adalah 200.20, posisi anda sekali lagi akan ditutup pada harga pasar saat itu yaitu 200.50, yang mana 30 poin lebih baik dari nilai exit target anda.

Untuk perdagangan menjelang natal sampai awal tahun, biasanya masih tidak stabil. Hal ini juga akan mempengaruhi spread dimana umumnya akan melebar, disebabkan tingkat likuiditas di pasar sangat rendah. Charting pun serasa tidak bergerak, diam membeku. So, nikmati saja akhir tahun dengan liburan.

Selamat berlibur, selamat mengunjungi tempat tempat menarik.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar